Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Biaya LASIK 2022, Bisakah Pakai BPJS Kesehatan?

Tak hanya di Ameriksa Serikat dan negara lain, LASIK kini juga semakin populer di Indonesia. Banyak orang yang berminat menjalani operasi laser mata ini demi terbebas dari kacamata dan lensa kontak. Untuk tahun 2022 ini, berapa biaya LASIK dan bisakah menggunakan BPJS Kesehatan?

Seperti kita tahu, miopia atau mata minus membuat pandangan jarak jauh menjadi kabur. Orang yang mengalami mata minus bisa melihat objek jarak dekat dengan jelas, tetapi untuk objek jarak jauh tampak kabur alias tidak jelas. (Baca juga: Penyebab Mata Minus)

Dahulu, untuk mengoreksi mata minus hanya ada satu cara yakni memakai kacamata. Dan sampai sekarang, kacamata menjadi cara paling umum untuk mengatasi mata minus. Dengan memakai kacamata yang tepat, orang bisa melihat dengan jelas. Karena biayanya paling terjangkau, hingga detik ini kacamata masih menjadi solui paling umum untuk miopia. Coba perhatikan, berapa teman kamu yang pakai kacamata? Mungkin juga termasuk kamu?

Masalahnya, kacamata memiliki banyak kekurangan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terdapat jarak antara kacamata dengan mata. Hal ini menimbulkan terjadinya distorsi bayangan, terutama pada minus tinggi.
  • Frame kacamata mengganggu dan bisa menutupi sebagian lapang pandang.
  • Berat, tidak nyaman, dan melelahkan.
  • Sering kali perlu adjustment. Jika kacamata melorot, perlu dibetulkan kembali.
  • Tidak nyaman untuk berolah raga.
  • Penghalang mata dengan dunia, seolah-olah ada yang menutupi.
  • Secara kosmetik kurang menarik dan bisa menimbulkan tidak percaya diri

Yang lebih merepotkan lagi, ketika kacamata tertinggal atau rusak (misal frame-nya patah) di saat-saat yang penting.

LASIK Solusinya

Kini, selain kacamata dan lensa kontak, ada solusi lain yang lebif efektif untuk mengatasi mata minus (miopia). Ya, Laser Vision Correction (LVC) yang masyarakat umum menyebutnya sebagai LASIK.

LASIK yang merupakan singkatan dari Laser In Situ Keratomileusis adalah prosedur laser untuk mengoreksi gangguan refraksi sehingga bebas dari kacamata dan lensa kontak. LASIK adalah salah satu metode LVC.

Selain LASIK yang merupakan generasi kedua LVC, ada pula Lasek atau PRK yang merupakan generasi pertama LVC dan Relex SMILE yang merupakan generasi ketiga LVC.

Kesamaan ketiga metode LVC ini, sama-sama menggunakan teknologi laser untuk mengoreksi kelainan refraksi. Yakni mengikis kornea dengan laser sehingga terbentuk kornea dengan kelengkungan yang tepat sehingga bayangan benda akan jatuh tepat pada retina. Dengan demikian, pandangan menjadi jelas, tidak lagi samar atau kabur.

Secara singkat, perbedaan ketiganya terletak pada prosedur sebelum dan sesudah pembentukan kembali kornea. Pada metode Lasek atau PRK, sebelum pembentukan kornea, terlebih dahulu dokter mata akan melepas epitel dengan spatula tumpul. Setelah itu baru membentuk kornea dengan mesin excimer laser. Lalu memasang bandage contact lens sampai epitel terbentuk kembali.

Pada metode Femto LASIK, dokter mata terlebih dahulu membentuk flap pada permukaan kornea dengan menggunakan mesin femtosecond laser. Setelah itu, flap dibuka dan dibentuklah kornea dengan mesin excimer laser. Lalu dokter mata menutup kembali flap tersebut.

Sedangkan pada metode Relex SMILE, dokter mata membentuk lenticule tipis di dalam lapisan storma kornea dengan menggunakan mesin VisuMax femtosecond laser. Setelah itu, dokter mengangkat lencticule yang telah dibuat sebelumnya melalui sayatan yang sangat tipis (2-4mm). Jadi, Relex SMILE ini paling pendek prosesnya, paling cepat tindakan operasinya, paling nyaman, dan paling cepat recovery-nya.

Untuk lebih jelas mengenai perbandingan ketiga metode tersebut, silakan baca Femto LASIK vs Relex SMILE

Biaya LASIK 2022

Umumnya, pertimbangan terbesar ketika seseorang mau menjalani operasi LASIK adalah biaya. Sebab jika dibandingkan kacamata atau lensa kontak, LASIK tergolong cukup mahal. Namun jika dibandingkan dengan manfaatnya, biaya LASIK ini setara dengan hasil dan kenyamanan yang bakal kamu peroleh. Yakni bebas dari kelainan refraksi sehingga tidak perlu memakai kacamata atau lensa kontak lagi.

Berapa sih biaya LASIK? Di Singapura, biaya LASIK bisa mencapai Rp 50 sampai dengan Rp 60 juta. Belum termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan sebagainya. Sebab prosedur LASIK tak hanya cukup sehari. Mulai dari Pre-LASIK, tindakan operasi, hingga kontrol atau recovery. Terbayang kan mahalnya akomodasi di Singapura selama beberapa hari.

biaya lasik 2022

Untungnya, kini di Indonesia sudah banyak pusat layanan LASIK. Salah satunya adalah National  Lasik Center (NLC) yang pusatnya berlokasi di Surabaya. Berapa biaya LASIK 2022 di NLC?

  • Untuk Femto LASIK, biayanya Rp 27 juta dari harga normal 28 juta.
  • Untuk Relex SMILE, biayanya 32 juta dari harga normal 32 juta.

Biaya LASIK 2022 di NLC ini paket untuk 2 mata.

Apakah LASIK Bisa Pakai BPJS

Salah satu pertanyaan yang sering muncul soal biaya LASIK adalah apakah bisa menggunakan BPJS Kesehatan. LASIK bukanlah jenis operasi mata yang esensial atau wajib dilakukan. Sehingga sampai saat ini LASIK tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan hanya menanggung biaya operasi esensial seperti operasi katarak. Sedangkan untuk penanganan miopia (rabun jauh atau mata minus), hipermetropi (rabun dekat atau mata plus), dan astigmatisme (silinder), BPJS hanya bisa menanggung biaya untuk kacamata. Dengan kata lain, untuk saat ini BPJS tidak menanggung biaya operasi LASIK. []