Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

cara menjaga kesehatan mata

Di era digital saat ini, semakin banyak orang mengeluhkan seputar gangguan mata. Baik yang bersifat ringan maupun yang berat. Termasuk di dalamnya Computer Vision Syndrome (CVS). Bagaimana cara menjaga kesehatan mata di era digital?

Pada dasarnya, menjaga kesehatan mata tidaklah berbeda antara masa kini dengan masa sebelumnya. Yang mungkin berbeda adalah tantangan kita hadapi saat ini lebih besar mengingat sehari-hari membutuhkan gadget dalam bekerja dan berkomunikasi. Bahkan gadget telah menjadi gaya hidup yang hampir tidak mungkin manusia modern menghindarinya sama sekali.

Karenanya, kita memerluka cara menjaga kesehatan mata yang lebih relevan di masa digital seperti sekarang.

Konsumsi Makanan Bergizi

Menurut American Academy of Ophthalmology, cara tepat menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, dan zinc.

Makanan apa saja yang mengandung gizi tersebut? Banyak. Dan mudah kita dapatkan. Antara lain wortel, bayam, brokoli, kacang, ikan tuna, salmon, dan telur.

Hindari Merokok dan Alkohol

Jika ingin mata sehat, hindari merokok. Jika terlanjur sudah merokok, upayakan untuk berhenti. Minimal kurangi. Sebab, selain tidak baik untuk kesehatan paru dan jantung, merokok juga tidak baik untuk kesehatan mata. Merokok bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Demikian pula minuman beralkohol. Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh secara umum. Ia juga menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan menjadi faktor penyebab munculnya kantung mata.

Jangan Terlalu Lama Menggunakan Gadget

Hadirnya smartphone telah menaikkan masalah kesehatan mata. Apalagi dengan terjadinya pandemi COVID-19, penggunaan komputer dan gagdet lebih meningkat. Pemakaian smartphone meningkat 76 persen. Penggunaan laptop meningkat 45 persen. Penggunaan komputer desktop meningkat 32 persen.

Padahal, terlalu lama menatap layar gadget membuat mata lelah, ditandai dengan rasa perih, kering, gatal, berair, atau penglihatan kabur. Bahkan bisa meningkat menjadi Computer Vision Syndrome (CVS).

Karenanya, kurangi waktu menggunakan gadget. Jangan terlalu lama.

Istirahatkan Mata

Jika tuntutan pekerjaan mengharuskan banyak menatap layar komputer atau gadget, beri waktu istirahat pada mata dengan menerapkan aturan 20-20-20. Yakni setiap 20 menit sekali, istrirahatkan mata minimal 20 detik dengan cara melihat jauh sekitar 20 feet (6 meter).

Jaga Jarak Aman Menggunakan Gadget

Melihat layar gadget terlalu dekat juga meningkatkan risiko mata lelah dan Computer Vision Syndrome (CVS). Aplikasikan 1-2-10 rule. Yakni 1 feet (sekitar 30 cm) jarak mata dengan smartphone, 2 feet (sekitar 60 cm) jarak mata dengan komputer, dan 10 feet (sekitar 3 meter) jarak mata dengan TV.

Bersihkan Mata Setelah Memakai Makeup

Bagi para wanita khususnya, cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan rajin membersihkan sisa makeup atau riasan yang diaplikasikan pada bagian mata. Pakai cairan dengan formula khusus yang aman untuk mata, sehingga tidak membuat iritasi.

Jangan Terlalu Lama Memakai Lensa Kontak

Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama bisa memicu terjadinya iritasi. Apalagi jika lensa kontaknya kurang bersih, bisa timbul komplikasi.

Karenanya jaga lensa kontak agar selalu bersih dan tidak terlalu lama dipakai. Pastikan melepas lensa kontak sebelum tidur. Ribet ya? Ya. Karenanya, solusi terbaik mata minus adalah operasi LASIK.

Jangan Membaca di Tempat Gelap

Membaca di tempat gelap atau pencahayaan kurang juga bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Karenanya, pilih ruangan yang terang dan terbuka ketika ingin membaca.

Melihat gadget juga begitu. Pastikan pencahayaan yang cukup saat menggunakan komputer atau gadget. Juga minimalisir glare, sesuaikan brightness dan kontras agar nyaman dan mata tidak lelah.

Kontrol Berat Badan

Kontrollah berat badan Anda agar tidak sampai obesitas. Sebab diabetes dan obesitas merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan atau gangguan penglihatan.

Periksa Mata Secara Teratur

Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Idealnya sebulan sekali ke dokter mata.

Dengan pemeriksaan teratur ini, dokter mata bisa mengetahu sedini mungkin jika ada masalah atau gangguan pada mata.

Demikian 10 cara menjaga kesehatan mata di era digital. Semoga bermanfaat dan selalu sehat. []