Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Mengapa Tak Boleh Pakai Make Up Sebelum Operasi Lasik?

make up sebelum operasi lasik

Salah satu persiapan sebelum menjalani operasi lasik adalah tidak memakai make up. Khususnya make up di sekitar mata seperti bulu mata palsu, ekstensi bulu mata, eyeshadow, atau eyeliner. Mengapa tidak boleh memakai make up sebelum operasi lasik?

Dokter spesialis mata National Lasik Center (NLC), dr. Dini Dharmawidiarini, SpM(K), menjelaskan bahwa make up tersebut berisiko menimbulkan infeksi pada mata ketika partikel-partikel make up masuk ke mata.

“Sabar dulu ya. Tahan dulu pakai make up di sekitar mata. Karena partikel-partikel make up kalau masuk ke mata akan berisiko. Yakni bisa menyebabkan infeksi. Benda asing ini bisa masuk melalui selaput lendir maupun kulit ke mata kita. Hindari dulu pemakaian bulu mata palsu, ekstensi bulu mata, eyeshadow, eyelash, maupun tato eyeliner,” kata dr. Dini.

Nah, ternyata tidak boleh memakai make up sebelum operasi lasik itu bukan tanpa alasan tetapi sangat penting untuk keberhasilan lasik dan menghindari risiko infeksi.

Tak Boleh Pakai Make Up Sebelum Operasi Lasik Sampai Kapan?

Larangan memakai make up bagi pasien Lasik di atas berlaku mulai hari-H saat operasi lasik. Jadi sebelum lasik, pastikan wajah bersih dari make up, khususnya di sekitar area mata.

Larangan tidak boleh memakai make up sebelum operasi lasik ini berlaku hingga dua pekan setelah operasi lasik. Khusus untuk prosedur Relex Smile, larangan tidak memakai make up ini berlaku hingga satu pekan setelah operasi lasik. Lebih cepat ya? Ya, karena Relex Smile merupakan generasi ketiga laser vision correction (LVC) yang lebih canggih dan proses recovery-nya lebih cepat.

Begitu ceparnya proses recovery Relex Smile, LASIK Advisor NLC dr. Harka Prasetya, SpM(K) mengatakan, “Pagi Anda operasi Relex Smile, sore Anda bisa berlatih tinju.”

Selain itu, Relex Smile jauh lebih nyaman daripada prosedur Femto Lasik. Apalagi jika dibandingkan dengan PRK (Photorefractive Keratectomy). Demikian pula, Relex Smile sama sekali tidak terasa sakit.

Pantangan Lain di Hari-H Operasi Lasik

Selain tidak boleh memakai make up sebelum operasi lasik hingga 1-2 pekan setelahnya, pada hari-H operasi Lasik juga ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh pasien. Antara lain sebagai berikut:

1. Hindari parfum beralkohol

Hindari menggunakan parfum atau cologne yang mengandung alkohol. Sebab bisa mengganggu prosedur laser pada operasi lasik. Demikian pula kosmetik atau aksesoris yang berbahan dasar alkohol.

2. Jangan menyetir sendiri

Pada hari-H operasi lasik, pasien jangan menyetir sendiri. Sebab setelah operasi, pasien umumnya akan merasa silau dan membutuhkan adaptasi. Adaptasi ini bisa 1-2 hari. Bahkan ada yang hingga 3 hari. Langsung menyetir setelah operasi lasik bisa berbahaya baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

3. Jangan bepergian jauh atau kelelahan

Jangan bepergian jauh. Sebab kelelahan bisa mempengaruhi kondisi fisik dan psikis yang akan menyulitkan tindakan laser di kamar operasi.

Karenanya, sangat disarankan jika rumah Anda sangat jauh dari lokasi operasi lasik, sebaiknya Anda datang sehari sebelumnya dan menginap di kota tersebut. Ini yang membuat lasik di luar negeri (misalnya ke Singapura) memakan biaya yang sangat besar. Sebab selain biaya operasinya sendiri, juga butuh biaya transportasi dan akomodasi untuk menginap hingga beberapa hari.

Untungnya, kini untuk lasik Anda tidak perlu jauh-jauh ke Singapura. National Lasik Center (NLC) sebagai pusat layanan lasik kini telah tersedia di Surabaya. Mudah dijangkau, bukan?

4. Jangan menggosok area mata

Pantangan setelah lasik lainnya, pada 24 jam pertama pasca operasi lasik, pasien tidak boleh menyentuh atau menggosok area mata. Terutama pada prosedur PRK atau Femto Lasik. Di mana Femto Lasik merupakan prosedur Lasik dengan pembuatan flap yang tidak boleh bergeser akibat dikucek atau digosok.

5. Jangan memaksa melihat gadget

Pada 24 jam pertama pasca lasik, hindari aktifitas penglihatan jarak dekat seperti membaca, melihat handphone atau gadget. Sebab memaksa melihat jarak dekat dan menatap layar gadget bisa membuat mata lelah dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

6. Hindari pemicu mata kering

Pada 24 jam pertama pasca lasik, hindari juga hal-hal yang bisa membuat mata kering (dry eye) seperti berada pada ruangan ber-AC dengan angin yang terlalu kencang. Jika terasa tidak nyaman pada mata, bisa diteteskan air mata tambahan yang telah diberikan oleh dokter mata atau surgeon lasik. []