Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Mata Panda: Gejala, Penyebab, Cara Menghilangkannya

Setiap orang menginginkan mata yang sehat dan indah. Kamu juga, kan? Mata sehat artinya bisa berfungsi normal, melihat dengan jelas tanpa gangguan. Mata yang indah sifatnya relatif. Namun, jika tiba-tiba kelopak mata bengkak dan berubah warna menjadi kehitaman, tentu keindahannya berkurang. Nah, dua kondisi yang membuat mata tampak tak indah itu adalah gejala mata panda.

Apa itu mata panda? Apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya? Yuk, kita kupas bersama.

Apa Itu Mata Panda

mata panda

Mata panda adalah lingkaran hitam yang muncul di area (bawah) mata akibat kerutan atau kendurnya kulit. Nama lainnya adalah kantong mata atau puffy eyes.

Kantong mata menjadi momok tersendiri khususnya bagi kaum wanita. Sebab hampir semua wanita pasti memperhatikan penampilan, sedangkan kantong mata mengurangi keindahan penampilan.  Karenanya, banyak wanita merasa kurang percaya diri ketika terkena kantong mata.

Mata panda bisa terjadi pada usia muda maupun usia tua. Seiring bertambahnya usia, risiko terjadinya mata panda semakin tinggi. Mengapa? Karena penuaan menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata. Kelopak mata pun tampak lebih kendur.

Pada usia muda, kantong panda bisa terjadi karena kelelahan atau kurang tidur. Bisa pula terjadi karena faktor-faktor lainnya.

Gejala Mata Panda

Mata panda memiliki beberapa gejala yang mudah dikenali. Gejala paling utama adalah kulit pada bagian bawah mata berubah warna menjadi lebih gelap (kehitaman) hingga keunguan.

Selain itu, di arena mata –khususnya bawah mata- tampak ada lingkaran kehitaman yang membentuk semacam kantong. Karenanya, gangguan itu disebut juga sebagai kantong mata.

Sebenarnya, kamu tak perlu mencemaskan mata panda. Sebab ia merupakan gejala ringan yang tidak mengganggu fungsi penglihatan. Namun, jika kamu merasa terganggu atau muncul gejala lain yang mencurigakan, segera periksa ke dokter. Dokter mata bisa mendiagnosis dengan akurat dan memberikan penanganan yang tepat.

Penyebab Mata Panda

Mata panda bisa muncul akibat beberapa penyebab. Mengetahui penyebab munculnya lingkaran hitam pada mata ini akan memudahkan untuk menghilangkannya.

Penuaan

Penyebab mata panda yang paling sulit dihindari adalah penuaan. Setiap orang yang berumur panjang, pasti akan menua. Saat memasuki usia tua, kulit manusia akan keriput. Meskipun daya keriput manusia tidak sama. Ada yang pada usia 50 tahun sudah keriput,ada yang usianya 60 tahun tidak terlalu tampak keriputnya.  

Seiring dengan bertambahnya usia yang semakin menua, kolagen di kulit sekitar mata juga berkurang. Akibatnya kelopak mata tampak lebih kendur dan muncul lingkaran hitam. Dua gejala inilah yang disebut sebagai mata panda.

Kelelahan

Kelelahan bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata membesar. Ketika pembuluh darah ini melebar, kantong mata pun muncul. Tampak lingkaran hitam di bawah mata dan kelopak pun tampak bengkak.

Kurang Tidur

Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar sehingga menimbulkan warna gelap. Kombinasi kelelahan dan kurang tidur merupakan dua penyebab utama munculnya mata panda pada usia muda.

Penumpukan cairan di sekitar mata

Penumpukan cairan di sekitar mata membuat kelopak bengkak. Penumpukan cairan ini bisa terjadi akibat perubahan hormon maupun terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Cairan yang menempati ruang antarsel bisa berkumpul di bagian bawah kelopak mata. Penumpukan cairan ini menyebabkan mata seperti bengkak hingga warnanya berubah menjadi lebih gelap.

Peningkatan jumlah melanin

Jumlah melanin di kulit sekitar mata bisa meningkat akibat paparan sinar matahari berlebihan. Misalnya pada orang yang bekerja di luar ruangan dan langsung terkena sinar matahari.

Peradangan

Peradangan atau hiperpigmentasi juga bisa menjadi penyebab munculnya kantong mata.

Stres

Sebagaimana lelah dan kurang tidur, stres juga bisa menyebabkan terjadinya kantong mata. Sebab hormon stress yang dilepaskan menyebabkan pembuluh darah mengerut.

Baca juga: Laser Mata

Cara Menghilangkan Mata Panda

Setelah mengetahui penyebab mata panda, kita akan lebih mudah menemukan cara menghilangkan mata panda. Sebab pada dasarnya menghilangkan penyakit itu dengan dua tahap. Pertama, menghilangkan penyebab atau sumbernya. Kedua, menghilangkan sakit atau gejalanya.

Karena lingkaran hitam di bawah mata ini tidak terasa sakit, fokusnya hanya pada menghentikan penyebab serta menghilangkan lingkaran hitam dan bengkaknya. Penyebab berupa penuaan tentu saja tidak bisa kita hindari. Namun, penyebab lainnya masih memungkinkan.

Nah, langsung saja, cara menghilangkan mata panda ada beberapa cara sebagai berikut:

Perbaiki Pola Tidur

Selain faktor penuaan, umumnya kantong mata muncul karena kelelahan atau kurang tidur. Untuk menghilangkannya, perbaiki pola tidur. Tidurlah sekitar 7 jam setiap malam. Yang terbaik adalah tidur seawal mungkin agar bisa bangun lebih pagi.

Selain menjaga jam tidur, perlu juga memperhatikan posisi tidur. Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat, misalnya dengan menambah bantal,  terbukti bisa mencegah penumpukan cairan di sekitar mata. Jika dua hal ini menjadi kebiasaan, lingkaran hitam di kelopak mata pun akan berangsur-angsur menghilang.

Baca juga: Bagian Mata

Kompres Dingin

Di antara cara yang terbukti ampuh untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata adalah mengompresnya dengan air dingin. Caranya, rendam lap bersih ke dalam air dingin lalu kompres mata selama 10–15 menit.

Cara lainnya, menggunakan lap bersih untuk membungkus es batu lalu mengompreskannya pada mata. Tentu saja dalam kondisi terpejam.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam di sekitar mata adalah kekurangan cairan tubuh. Karenanya, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 2 liter air setiap hari.

Selain itu, kurangi makanan mengandung banyak garam. Sebab terlalu banyak makan garam juga bisa menyebabkan timbulnya kantong mata.

Hindari Minuman Keras

Minuman keras atau beralkohol tidak baik bagi tubuh secara umum. Minuman beralkohol akan menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Demikian pula kurangi minum minuman berkafein karena bisa menyebabkan munculnya lingkatan hitam di sekitar mata.

Gunakan Tabir Surya

Hindari terlalu lama berada di bawah matahari secara langsung. Jika pekerjaan mengharuskan kamu sering di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari, gunakan tabir surya untuk mencegah mata panda.

Gunakan Krim Mata

Krim khusus mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnica cukup efektif untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Tentu krim khusus mata ini tidak gratis seperti cara-cara sebelumnya. Dan untuk lebih amannya, bisa konsultasi ke dokter mata soal penggunaan krim sebagai cara menghilangkan mata panda. [Mbk/NLC]