Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Obat Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

obat mata bengkak

Mata bengkak tentu menganggu penampilan. Apalagi jika ia terasa sakit, pasti sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, perlu obat mata bengkak yang tepat berdasarkan penyebabnya. Karena tidak semua mata bengkak itu sama.

Obat mata bengkak memiliki beragam pilihan, mulai dari obat salep hingga obat tetes. Agar efektif mengatasi mata bengkak, obatnya harus sesuai dan tepat. Karenanya kita perlu mengetahui penyebab mata bengkak lalu obat yang tepat sesuai dengannya.

Apa Itu Mata Bengkak

Mata bengkak (edema periorbital) adalah kondisi mata akibat kelebihan cairan di dalam jaringan sekitar mata. Bengkak ini umumnya terjadi di kelopak mata dengan beberapa gejala lain yang menyertainya. Misalnya kemerahan, mata kering atau mata berair.

Umumnya mata bengkak bukanlah masalah serius. Misalnya akibat kelelahan, menangis, atau iritasi. Dalam kasus seperti ini, cukup perawatan mandiri di rumah.

Namun, mata bengkak juga perlu penanganan lebih serius tergantung dari penyebabnya. Misalnya infeksi, graves, dan konjungtivitis. Karenanya dokter akan memberikan obat mata bengkak sesuai kondisi.

Baca juga: Retinopati

Penyebab Mata Bengkak

Ada banyak penyebab mata bengkak. Berikut ini delapan di antaranya. Mulai dari yang ringan seperti kelelahan dan menangis, hingga yang serius seperti graves.

Kelelahan

Kelelahan dan kurang tidur bisa membuat kelopak mata bengkak. Sebab retensi air dalam waktu yang lama mempengaruhi kelopak mata.

Menangis

Menangis juga bisa menyebabkan mata bengkak. Terutama ketika menangis parah dalam waktu yang lama sehingga merusak pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata.

Bintitan

Bintitan (hordeolum) adalah benjolan merah menyakitkan di dekat tepi kelopak mata yang tampak seperti jerawat. Penyebabnya adalah infeksi bakteri staphylococcus yang menyerang kelenjar minyak di dalam kelopak mata.

Alergi

Jika ada gejala mata berair dan memerah yang menyertai, besar kemungkinan mata Anda alergi terhadap sesuatu. Bisa alergi debu, alergi angin, atau alergi serbuk sari bunga yang mengenai mata.

Gejala lain mata bengkak akibat alergi adalah bersin, hidung tersumbat, dan mata terasa gatal.

Kalazion

Yakni pembengkakan pada kelopak mata yang menyerupai bintitan. Namun, ukuran bengkaknya sedikit lebih besar dan lunak. Selain itu, secara umum juga tidak menimbulkan rasa sakit. Pada kalazion, terdapat penyumbatan kelenjar minyak pada kelopak mata, sehingga menimbulkan bengkak.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah sakit mata yang membuat kelopak bengkak dan kemerahan akibat virus atau bakteri. Tidak hanya bengkak, konjungtivitis juga bisa menimbulkan rasa sakit. Gejala lainnya adalah mata merah, berair, dan belekan. Namun, penderita konjungtivitis tidak akan mengalami gangguan penglihatan.

Selulitis Orbital

Ini juga tergolong infeksi. Yakni infeksi yang menyerang orbital septum, jaringan tipis yang memisahkan kelopak mata dan kantung mata. Selain bengkak di kelopak mata bagian atas dan bawah, gejalanya adalah kemerahan, dan terasa sakit.

Graves

Graves atau autoimun adalah penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang kelenjar tiroid yang terletak di leher. Akibatnya, timbul gejala yang menyerupai gondok, yaitu pembengkakan di leher. Ia juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menyerang otot dan jaringan lemak di sekitar mata sehingga mata pun menjadi bengkak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda

Obat Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Obat mata bengkak tidak selalu sama. Ia tergantung pada penyebab bengkak tersebut. Ada yang tidak memerlukan obat khusus seperti mata bengkak akibat kelelahan dan menangis. Ada pula yang harus segera mendapatkan penangan medis seperti graves.

Obat Mata Bengkak akibat Kelelahan dan Menangis

Untuk mata bengkak akibat kelelahan, kurang tidur, dan menangis, tidak perlu obat khusus. Cukup kompres dingin sambil berbaring dengan kepala ditinggikan di atas bantal. Selain itu, perbanyak minum air putih untuk mengurangi retensi cairan dan pembengkakan.

Obat Mata Bengkak akibat Bintitan

Pada kebanyakan kasus, mata bengkak akibat bintitan tidak memerlukan obat khusus. Saat bintitan, seseorang harus menghindari berbagai produk untuk mata, termasuk makeup dan krim mata. Juga tidak boleh mencoba mencabut bintitan karena dapat menyebarkan infeksi dan merusak mata.

Dalam kondisi tertentu, khususnya nyeri yang menyakitkan dan demam, perlu segera menghubungi dokter mata. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik dan obat yang diperlukan.

Obat Mata Bengkak akibat Alergi

Untuk mengobati mata bengkak akibat alergi, obat tetes mata yang dijual secara bebas umumnya bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal.  Bisa pula mengonsumsi antihistamin, seperti Benadryl.

Namun jika keluhan berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter. Tentu obat resep dokter lebih tepat sesuai kondisi dan gejala yang ada. Bahkan terkadang dokter mengambil tindakan tes alergi untuk mengetahui secara pasti.

Obat Mata Bengkak akibat Selulitis Orbital

Mata bengkak akibat selulitis orbital ini memerlukan penanganan medis segera karena termasuk infeksi yang cukup serius. Karenanya, segera hubungi dokter.

Obat Mata Bengkak akibat Graves

Penyakit ini membutuhkan diagnosis medis dan penanganan dokter. Ia bisa bersifat kronis, bertahan selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. Obat mata bengkak akibat graves merupakan resep dokter.

Tips Mencegah Mata Bengkak

Untuk mencegah mata bengkak, terutama yang ringan dan bukan penyakit kronis layaknya graves, ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan.

Menjaga kebersihan

Terutama kebersihan wajah dan mata. Di antaranya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Menghindari penyebab alergi

Lakukan pemeriksaan alergi untuk mengetahui secara pasti apa penyebab alergi yang kamu alami. Setelah mengetahuinya, hindari penyebab tersebut.

Menggunakan pelindung mata

Jika aktivitas kamu memiliki risiko cedera mata, selalu gunakan pelindung mata. Jika aktivitas kamu banyak di bawah terik sinar matahari, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.

Membersihkan lensa kontak

Bagi kamu yang menggunakan lensa kontak, pastikan lensa kontak kamu bersih. Rajin-rajinlah membersihkan dan mengganti lensa kontak untuk meminimalisir risiko infeksi mata atau iritasi.

Jika merasa tidak nyaman dengan lensa kontak dan ingin terbebas dari kacamata akibat minus, solusinya adalah LASIK..

Di National Lasik Center (NLC) tersedia metode Femto LASIK yang nyaman dan Relex SMILE yang jauh lebih nyaman dengan recovery sangat singkat. []