Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasi Katarak Refraktif: Sembuhkan katarak Sekaligus kelainan Refraksi (Mata Minus, Silinder)

Teknologi yang kian canggih, tentunya membuat pengaruh besar di berbagai sektor, termasuk Kesehatan. Salah satu teknologi terbaru di dunia Kesehatan mata diantaranya Operasi Katarak Refraktif. Operasi Katarak dengan metode laser atau Phacoemulsification menggunakan lensa premium ini, membuat penderita Katarak sembuh dari Katarak sekaligus kelainan refraksi (mata minus, silinder, dan rabun dekat).

Operasi Katarak Refraktif ini tersedia di National Eye Center (NEC) Surabaya, atau yang dikenal dengan Layanan National Cataract Center (NCC).

Katarak

Semakin bertambahnya usia, maka semakin berisiko seseorang terkena penyakit Katarak. Penyakit katarak sendiri bisa terkena kepada siapa saja, terutama pada seseorang yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Katarak merupakan gangguan mata penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Banyak yang mengira bahwa penyakit ini tidak bisa diobati, menganggap bahwa katarak adalah penyakit tua. Padahal dengan adanya teknologi yang terus berkembang, satu satu nya cara untuk bisa sembuh dari penyakit ini adalah dengan melakukan operasi.

Pastikan ketika melakukan operasi di tempat yang memang sudah ahli dan berkompeten serta menggunakan metode tercanggih. Salah satu pusat operasi katarak tercanggih di Surabaya adalah di National Eye Center (NEC)

Baca Juga:

Grand Launching National Eye Center: Hadirkan Lasik ReLEx SMILE Hingga Sinergi Program Bakti Sosial

Gejala Katarak

Ada beberapa gejala katarak yang bisa dijadikan patokan kapan harus ke klinik mata terdekat. Untuk memastikan bahwa Sebenarnya, Anda dapat mengenali gejala Katarak dengan mudah dan bisa segera memastikannya dengan memeriksakan diri ke klinik mata terdekat. Berikut ini, gejala Katarak yang bisa Anda kenali:

  1. Mata Kabur
    Bila Anda mengalami gangguan penglihatan yang kabur atau buram, bisa jadi hal ini menjadi salah satu tanda datangnya Katarak.
  2. Penglihatan Silau
    Biasanya, seseorang akan melihat objek atau sekitar dengan jelas tanpa gangguan cahaya atau silau yang berlebihan. Namun, bagi penderita Katarak semua penglihatan akan terasa mengganggu karena adanya silau.
  3. Pandangan Seperti Berasap
    Bila pandangan Anda atau keluarga mengalami keburaman atau seperti berasap, maka bisa segera dipastikan kondisinya. Pandangan berkabut atau berasap, bisa jadi salah satu gejala Katarak namun juga karena faktor gangguan mata lain.
  4. Terjadi Perubahan Persepsi Warna
    Orang yang menderita Katarak di usia produktif, akan merasakan perubahan pada persepsi warna ini.
  5. Penurunan Fungsi Penglihatan
    Bila memang dirasa mulai sulit mengatur fokus atau melihat objek jarak jauh, maka bisa jadi hal ini menjadi suatu gejala yang patut diwaspadai

Baca juga:

Mitos fakta mengenai obat herbal mata

Cara mencegah mata minus pada anak

Penyebab Katarak

Operasi katarak premium surabaya
Operasi Katarak Refraktif menggunakan Lensa Premium yang membuat penderita Katarak sekaligus sembuh dari mata minus, silinder, dan rabun dekat

Mengapa seseorang dapat menderita Katarak? Jawaban singkatnya adalah karena proses bertambahnya umur atau pernuaan. Mengapa faktor usia ini adalah penyebab yang paling menentukan terjadinya katarak? Karena unsur air dan protein adalah bahan dasar dari lensa mata kita.

Sama seperti rambut uban / rambut putih yang biasanya muncul ketika bertambahnya usia. Semakin bertambah usia lensa juga akan lebih tebal dan daya fleksibelnya semakin berkurang. Hal ini, membuat pandangan kabur karena muncul gumpalan protein yang mengakibatkan cahaya susah untuk masuk ke retina.

Solusi sembuh dari katarak

Satu-satu nya cara agar dapat sembuh dari katarak adalah dengan melakukan operasi katarak. Semakin cepat dioperasi maka semakin baik, karena jika tidak lensa akan semakin keruh serta bisa menyebabkan buta permanen. Atau bisa juga terkena penyakit glaukoma.

Adapun klinik mata yang bisa melakukan operasi katarak secara refraktif adalah National Cataract Center yang berada di National Eye Center Surabaya. Tepatnya di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.41, Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60115 (sebrang kampus C UNAIR)

Ketik link untuk menuju lokasi klinik mata

National Cataract Center (NCC)

Operasi katarak refraktif
Operasi Katarak Premium / refraktif ini bisa membuat penderita Katarak terbebas dari kacamata + Katarak dalam satu kali operasi

Pusat Operasi Katarak Refraktif (Premium) tersedia di National Eye Center (NEC) sebuah klinik mata pusat bedah refraktif nasional yang memiliki salah satu layanan unggulannya yaitu National Cataract Center (NCC). Sebagai klinik mata dengan dokter spesialis mata unggulan, layanan NCC sudah lengkap untuk dapat membebaskan katarak dari masyrakat Surabaya dan sekitarnya

Diawasi oleh  dokter mata yang kompeten, National Cataract Center (NCC) adalah layanan pusat Katarak refraktif sebagai layanan unggulan. Layanan pusat katarak refraktif ini memiliki tujuan untuk mengobati mata katarak atau lensa mata yang sudah buram akibat usia melalui Operasi Katarak. Operasi Katarak yang digunakan ini menggunakan Operasi Katarak Phacoemulsification.

NCC Sebagai Pusat Operasi Katarak Refraktif

mungkin Anda bingung mengapa ada kata Refratif. Kelainan Refraksi / refraksi sendiri adalah sebuah kelainan yang terjadi pada mata karena cahaya / bayangan tidak tepat jatuh pada saraf mata. Maka dari itu biasanya penderita kelainan refraksi melihat dengan jelas.

Banyak orang penderita katarak juga mengalami kelainan refraksi, maka dari itu dengan operasi katarak refraktif ini karena selain menyelesaikan masalah kataraknya, NCC juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memberikan lensa premium (IOL Premium) agar setelah menjalani operasi katarak, pasien dengan mata minus / silinder / mata plus bisa melihat tanpa bantuan kacamata lagi.

Jenis lensa yang digunakan bisa mulai dari Monofokal, Monofokal Toric, Trifokal hingga Trifokal Toric. Dengan adanya lensa mutakhir ini, pasien setelah operasi katarak, dapat melihat dengan jelas mulai dari jarak dekat, menengah serta jauh tanpa menggunakan kacamata lagi.

Kelainan refraksi

Kelainan refraksi ini adalah salah satu gangguan mata yang sangat sering ditemukan. Paling sering terjadi karena faktor keturunan dari keluarga yang menyebabkan bentuk mata yang berbeda. Bisa terlalu panjang atau terlalu pendek. Mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata tidak dapat di fokuskan dengan jelas ke saraf mata.

Jenis kelainan refraksi

  1. Miopia (rabun jauh): kesuliatan melihat jarak jauh dengan jelas
  2. Hipermetropi (rabun dekat):  kesulitan melihat jarak dekat dengan jelas
  3. Astigmatisme (silindris): kelainan refraksi dimana berkas sinar sejajar yang masuk kedalam mata pada keadaan tanpa akomodasi dibiaskan lebih dari satu titik fokus. Gangguan mata ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur karena bentuk kornea atau lensa menjadi tidak teratur. Penyebab utama mata silinder adalah kelainan bentuk kornea, hal ini disebabkan terjadinya perubahan kelengkungan bentuk kornea karena kelainan kongenital, trauma, peradangan pada kornea, luka pada kornea, Tumor pada kornea
  4. Presbiopia (rabun dekat usia lanjut): Presbiopi Atau Mata Tua Adalah Kejadian Yang Dipengaruhi Oleh Faktor Usia Lanjut. Hilangnya Daya Akodmodasi Pada Penglihatan Jarak Dekat Yang Terjadi Bersama Dengan Proses Penuaan. Seseorang Dengan Mata Yang Tidak Memiliki Gangguan Refraksi, Pada Usia 44 – 46 Tahun Akan Mulai Merasakan Ketidak Mampuan Membaca Huruf Kecil Atau Membedakan Benda Kecil Dalam Jarak Dekat. Gangguan Penglihatan Dekat Akibat Usia Lanjut Berhubungan Penurunan Amplitude Akomodasi Atau Peningkatan Punctum Proximum.

Baca juga:

Pengertian astigmasm secara lengkap

Pengertian rabun jauh secara lengkap

Metode penyembuhan kelainan refraksi

Apabila Anda masih berusia 18-40 tahun yang masih belum ada kemungkinan terkena katarak, Anda bisa melakukan operasi laser untuk mengurangi kelainan refraksi Anda. Operasi laser ini disebut dengan Laser Vision Correction (LVC) atau biasa yang disebut dengan Lasik. Salah satu pusat lasik mata atau laser mata terlengkap di Surabaya adalah di National Lasik Center karena ada 3 metode yang tersedia beserta alternatif lainnya seperti phakik IOL.

Baca juga:

alat bantu penglihatan

metode laser mata tercanggih

Biaya operasi katarak refraktif (premium) di NCC Surabaya

Berikut adalah harga dari layanan NCC pusat katarak di Surabaya: Untuk harga di bawah merupakan untuk satu (1) mata

Operasi katarak dan bedah refraktif
Harga operasi katarak refraktif NEC surabaya

Operasi katarak gratis 2022?

Sayangnya di NCC belum bisa menerima BPJS. Mungkin Anda bisa cek klinik mata berikut ini untuk mendapatkan operasi katarak secara gratis yang bisa ditanggung oleh BPJS:

  1. Klinik Mata KMU Gresik
  2. Klinik Mata KMU Madura
  3. Klinik Mata KMU Lamongan

Atau Anda juga bisa follow Instagram @klinikmatakmu untuk mendapatkan informasi mengenari operasi katarak gratis.

Saksikan pula video terkait Katarak premium:

https://www.instagram.com/p/CfMBv8OpUWI/