Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Berapa Lama Penyembuhan dan Pemulihan Setelah Lasik?

Hampir di setiap prosedur operasi, selalu ada pertanyaan berapa lama penyembuhan dan pemulihannya (recovery). Jawaban atas pertanyaan itu sangat penting untuk meyakinkan diri dan mengkondisikan psikologis sebelum memutuskan menjalani operasi. Pun dengan Lasik. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah penyembuhan lasik berapa lama.

penyembuhan lasik berapa lama

Makin ke sini, makin banyak orang yang ingin Lasik. Ingin terbebas dari mata minus sehingga tidak perlu lagi memakai kacamata atau lensa kontak. Mungkin kamu juga merasa berat terus-terusan memakai kacamata atau ribet lepas pasang lensa kontak.

Apalagi jika kamu ingin menjadi polisi, pilot, atau atlet yang membutuhkan fisik prima dan tidak berkacamata. Mata minus tentu menjadi kendala. (Baca juga: 5 Profesi yang Tidak Boleh Berkacamata)

Lasik Solusinya

Mata minus atau rabun jauh (miopia) adalah salah satu jenis kelainan refraksi. Yakni dalam keadaan mata istirahat (tanpa akomodasi), seberkas cahaya sejajar yang berasal dari objek yang terletak jauh tak terhingga akan difokuskan pada satu titik fokus di depan retina. Akibatnya, objek yang jauh menjadi tampak kabur tetapi objek yang dekat tidak masalah.

Selain miopia, ada pula rabun dekat (hipermetropi), dan silinder (astigmatisme). Ketiganya tidak bisa disembuhkan dengan herbal atau obat-obatan. Bisa dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, tetapi tidak menyembuhkan secara permanen. Maksudnya, ketika kacamata atau lensa kontak dilepas, minusnya tetap ada. Nah, untuk mengoreksi secara permanen alias menyembuhkan kelainan refraksi, solusinya adalah Lasik.

Lasik adalah singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomielusis. Yaitu operasi laser untuk mengoreksi kelainan refraksi. Sebenarnya, Lasik adalah salah satu metode dari Laser Vision Correction (LVC), prosedur operasi laser untuk mengoreksi kelainan refraksi sehingga terbebas dari kacamata dan lensa kontak. LVC sendiri ada tiga metode yakni PRK, Femto Lasik, dan Relex Smile.

Cara kerja LVC  adalah dengan membentuk kembali kornea menggunakan teknologi laser. Meskipun hanya berlangsung beberapa detik, teknologi laser ini sangat akurat merekonstruksi kornea sehingga kelengkungannya tepat. Hasilnya, mata bisa memfokuskan cahaya ke retina dengan tepat.

Operasi Lasik Berapa Lama?

Mungkin kamu membayangkan operasi Lasik itu lama. Anggapan tersebut lantaran umumnya operasi-operasi bedah memang berlangsung lama. Namun, tidak demikian dengan operasi bedah refraktif alias Lasik. Total keseluruhan waktu operasi hanya sekitar 30 menit. Sedangkan tindakan operasi laser sendiri hanya hitungan detik.

Banyak pasien National Lasik Center (NLC) yang surprise saat menjalani operasi Lasik. Ternyata sangat cepat, jauh lebih cepat dari apa yang mereka bayangkan.

“Dr Diaz mengatakan, ‘Pak Arip, pandangannya fokus ke titik hijau.’ Lantas saya fokus ke titik hijau itu saja. Warna yang lain seperti merah, kuning, saya abaikan. Saya fokus melihat warna hijau. Lalu warna hijau yang kecil itu makin lama makin banyak. Akhirnya semua menjadi hijau. Hijau, hijau, lalu jadi warna putih, plas hilang. Hanya 15 detik. Operasi lasik selesai untuk mata kanan. Lalu lanjut mata kiri,” kata Arip Imawan, seorang pengacara yang juga alumni S2 Hukum, saat berbagi pengalaman Lasik.

Dimas, seorang pegawai BUMN, juga mengalami surprise serupa. Rupanya tindakan operasi Lasik berlangsung singkat, jauh lebih cepat dari apa yang ia bayangkan sebelumnya.

Penyembuhan Lasik Berapa Lama?

Jika prosedur operasi Lasik biasanya hanya memakan waktu sekitar 30 menit, berapa lama penyembuhan Lasik? Butuh berapa lama untuk pemulihan (recovery) sehingga penglihatan menjadi jelas dan ‘sempurna’ tanpa kacamata?

Setelah satu atau dua hari pasca operasi Lasik, kamu dapat kembali ke rutinitas harian. Durasi yang tepat tergantung pada pasien, tetapi –dalam metode Femto LASIK- flap harus stabil dalam beberapa hari. Penglihatan kamu mungkin berfluktuasi selama beberapa bulan setelah prosedur.

Dokter mata biasanya memerintahkan pemeriksaan lanjutan sehari setelah operasi Lasik, lalu H+7 dan H+30 untuk memeriksa proses penyembuhan.

Penyembuhan Relex Smile Jauh Lebih Cepat

Waktu penyembuhan dan pemulihan (recovery) di atas mengacu pada metode Femto Lasik. Sedangkan untuk metode Relex SMILE, waktunya lebih cepat. Untuk diketahui, Relex SMILE tidak membutuhkan flap sebagaimana Femto Lasik. (Baca juga: Femto Lasik vs Relex SMILE)

Dalam kebanyakan kasus, pasien dapat melihat dengan jelas dalam satu atau dua hari setelah prosedur Relex SMILE, dan penglihatan menjadi stabil selama minggu pertama. Dalam beberapa hari perawatan, kebanyakan pasien dapat mengemudi, bekerja, dan berolahraga tanpa kacamata atau lensa kontak.

Demikian cepatnya proses recovery Relex SMILE, Lasik Advisor NLC dr. Harka Prasetya, SpM(K) mengatakan, “Pagi Anda operasi Relex SMILE, sore Anda bisa berlatih tinju.” []