Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Perbedaan Relex Smile, Femto Lasik dan Lasek (PRK)

Kamu mengalami mata minus (miopia) atau silinder (astigmatisme) dan pengin bebas dari kacamata? LASIK adalah jawabannya. Ada tiga pilihan untuk kamu; Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK). Apa perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK)?

relex smile vs lasik

Mengalami kelainan refraksi seperti mata minus atau silinder memang nggak enak banget. Memakai kacamata membuat tidak nyaman dan mengurangi cakepnya penampilan. Bahkan menimbulkan banyak kerepotan jika kacamata tertinggal atau frame-nya patah. LASIK (atau tepatnya LVC) menghadirkan tiga pilihan. Nah, dari tiga pilihan itu, apa perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK)? Mana yang lebih tepat menjadi pilihan kamu?

Apa itu LASIK?

Sebelum membahas ketiganya, kita awali dari yang paling mendasar. Yakni apa itu LASIK.

LASIK adalah singkatan dari Laser In Situ Keratomileusis. Sebuah prosedur laser untuk mengoreksi gangguan refraksi sehingga bebas kacamata dan lensa kontak (contact lens).

Pada dasarnya, LASIK adalah salah satu metode atau teknik dari Laser Vision Correction (LVC). Namun, sebagian besar masyarakat menyebut seluruh metode LVC tersebut dengan sebutan LASIK.

Jika ada yang bertanya, apakah itu berarti laser menembak mata kita? Apakah terasa sakit sakit dan panas? Dalam operasi LASIK, laser memang menembak mata, tetapi tidak terasa sakit dan juga tidak panas. Laser saat ini digunakan untuk semua organ. Sebab laser menuju sasaran sangat presisi atau tepat yang dituju tanpa merusak jaringan sekitarnya.

Laser dalam operasi LASIK itu dingin, tidak terasa panas. Ia tidak sakit karena sebelum prosedur operasi laser mata terlebih dahulu diberikan anestesi berupa tetes mata untuk menghilangkan rasa kurang nyaman dan agar tidak pedih saat proses berlangsung.

Ada tiga teknik Laser Vision Correction (LVC) yang masyarakat umum menyebut semuanya sebagai LASIK. Pertama, Relex SMILE. Kedua, Femto LASIK. Dan ketiga, Lasek (PRK). Apa perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK)? Kita simak satu per satu.

ReLEx® SMILE

Relex SMILE (Refractive Lenticule Extraction – Small Incision Lenticule Extraction) adalah metode bedah refraktif yang lebih canggih dari PRK dan LASIK. Prosedurnya sangat singkat, nyaman, tidak terasa sakit, dan pemulihannya lebih cepat.

Relex SMILE merupakan generasi ketiga Laser Vision Correction (LVC). Ia lebih canggih dari PRK dan LASIK. Prosedurnya hanya membutuhkan sedikit sayatan (2-4mm) sehingga rasa sakitnya hampir tidak terasa. Ia juga tidak membutuhkan pembuatan flap.

Selain itu, Relex SMILE juga dapat meminimalisir efek samping pasca operasi seperti mata kering. Secara keseluruhan, prosedur Relex SMILE cenderung sangat nyaman dan proses pemulihan penglihatan sangat cepat.

relex smile

Femto LASIK

Femto LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomielusis) adalah generasi kedua LVC dengan pembentukan flap dan pengikisan kornea menggunakan laser.

Metode bedah refraktif untuk mengatasi kelainan refraksi (miopi, hipermetropi, astigmatisme) ini minim rasa sakit dan pemulihannya cepat. Dampak pasca operasi lebih nyaman daripada PRK, dan efek terjadinya mata kering pasca operasi juga lebih ringan.

femto lasik

Lasek (PRK)

PRK adalah singkatan dari Photorefractive Keratectomy. Yakni prosedur bedah refraktif yang masih tetap digunakan untuk pasien kelainan refraksi (miopia, astigmatisme, hipermetropi) dengan kondisi mata tertentu.

PRK atau sering disebut Lasek merupakan generasi pertama Laser Vision Correction (LVC). Prosedur PRK dilakukan dengan ablasi atau dilepasnya permukaan kornea.

prk

Perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan PRK

Secara lebih detail, perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK) bisa kita lihat pada uraian dan gambar berikut ini:

ReLEx® SMILE

Tanpa flap, minus dihabiskan dengan mengambil lenticule yaitu sebagian kornea dengan menggunakan laser.

Kelebihan:

  • Luka di kornea hanya 2 s/d 4 mm
  • Tidak banyak saraf yang terpotong
  • Pasca Relex Smile bebas dari rasa tidak nyaman seperti PRK
  • Pasca Relex Simle bebas dari mata kering seperti Lasik
  • Tidak ada komplikasi flap terlipat

Kekurangan:

Terbatas untuk mata minus sampai dengan 10D

Femto LASIK

Flap dibuat sebelum laser diaplikasikan untuk mengkoreksi gangguan refraksi. Flap dapat dikerjakan mikrokeratome yaitu pisau mikro dan bisa dengan Femtosecond machine yaitu laser dan biasa disebut FemtoLASIK.

Kelebihan:

  • Pasca operasi nyaman, tidak ada keluhan sensitif seperti PRK
  • Pemulihan penglihatan pasca operasi lebih cepat dan stabil
  • Tidak memerlukan bandage contact lens pasca Lasik
  • Bisa untuk mata minus di atas 10D

Kekurangan:

  • Ada risiko flap terlipat
  • Kadang masih ada keluhan sedikit mata kering

Lasek (PRK)

Tanpa flap, laser diaplikasikan setelah lapisan epitel atau lapisan luar kornea dibersihkan alkohol atau laser, kemudian dipasang bandage contact lens.

Kelebihan:

Tidak ada risiko flap terlipat

Kekurangan:

  • Pasca operasi ada rasa tidak nyaman
  • Sensitif terhadap sinar
  • Memerlukan pemakaian bandage contact lens dalam beberapa hari pasca PRK
  • Pemulihan penglihatan pasca PRK lebih lama dibanding Lasik dan RelexSmile
perbedaan lasik lasek prk relex smile

Demikian perbedaan Relex SMILE, Femto LASIK, dan Lasek (PRK). Mana yang lebih tepat untuk kamu? Kamu bisa memilihnya. National Lasik Center (NLC) menyediakan tiga layanan tersebut.

Untuk rekomendasi terbaik, dokter mata di NLC selalu siap melayani konsultasi dan pemeriksaan Pres-LASIK untuk penentuan teknik dan prosedur yang paling tepat. #HappyLasik #TrulyLasik

*artikel ini telah diupdate pada 24 Oktober 2022