Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

ReLEx SMILE vs LASIK Konvensional: Kelebihan, Kekurangan, dan Biaya

relex smile vs lasik

Selain LASIK konvensional, ada solusi untuk miopia (mata minus) yang lebih baik dan lebih nyaman; ReLEx SMILE. Bagaimana perbandingan ReLEx SMILE vs LASIK konvensional? Yuk, kita bahas.

Memakai kacamata setiap hari karena mata minus tentu melelahkan. Belum lagi jika tiba-tiba ada masalah. Misalnya tertinggal atau frame-nya patah, aktivitas penting bisa terganggu dan berantakan. Karenanya, LASIK menjadi pilihan.   

Banyak cerita bagaimana ribetnya saat kacamata tertinggal. Atau tiba-tiba patah. Ujian tulis bisa gagal. Interview bisa tidak nyaman. Tak berani menyetir hingga mobil harus ditinggal. Bahkan penandatanganan kerjasama perusahaan tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang ingin bebas dari mata minus, bebas dari kacamata. LASIK menjadi jawabannya.

Selain LASIK konvensional, kini ada solusi yang lebib baik lagi; ReLEx SMILE. LASIK generasi ketiga yang lebih canggih dan lebih nyaman dengan teknologi terbaru dari Zeiss.

Apa Itu ReLEx SMILE

ReLEx SMILE adalah singkatan dari Refractive Lenticule Extraction – Small Incision Lenticule Extraction. Ia merupakan generasi ketiga dari Laser Vision Correction (LVC). Sebelumnya, ada generasi pertama yakni PRK atau Lasek dan generasi kedua yakni Femto LASIK.

Berbeda dengan LASIK konvensional yang menggunakan dua mesin laser dan diawali dengan pembuatan flap, ReLEx SMILE tidak memerlukan flap dan hanya menggunakan satu mesin laser. Sehingga, operasinya lebih cepat dan lebih nyaman.

Saat ini, ReLEx SMILE merupakan teknologi LASIK terbaru dan tercanggih dari Carl Zeiss Meditec. Zeiss sendiri merupakan perusahaan berbasis di Jerman yang memiliki 31.260 karyawan, memiliki 100 lokasi di 50 negara. Zeiss bergerak di bidang Semiconductor Manufacturing Technology, Industrial Quality & Research, Medical Technology, dan Consumer Market. Ia terkenal sebagai pioner teknologi LASIK.

Lebih dari 4 juta mata telah menjalani operasi LASIK dengan ReLEx SMILE dari Zeiss. Dan lebih dari 2.000 surgeon (dokter mata ahli bedah refraksi) di 80 negara menggunakan teknologi terkini Relex SMILE.

Prosedur dan Waktu Operasi ReLEx SMILE

Prosedur ReLEx SMILE hanya membutuhkan tiga langkah. Pertama, pembentukan lenticule. Dokter akan memberikan anestesi berupa obat tetes mata. Selanjutnya, dokter mata membentuk lenticule titip di dalam lapisan storma kornea. Pembentukan lenticule ini menggunakan mesin terbaru dari Zeiss, Visumax Femtosecond Laser, dan hanya membutuhkan waktu 15-30 detik.

Kedua, pengangkatan lenticule. Dokter mata mengangkat lenticule yang telah dibuat sebelumnya melalui sayatan yang sangat kecil (2-4mm).

Ketiga, kelainan refraksi terkoreksi. Pengambilan lenticule menyebabkan perubahan bentuk kornea. Sehingga, kelainan refraksi (mata minus dan silinder) pasien terkoreksi.

relex smile

Keseluruhan prosedur ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Jadi, pasien tidak perlu berlama-lama di ruang operasi. Dibandingkan LASIK konvensional, tentu saja ia lebih cepat dan lebih nyaman.

Setelah menjalani operasi ReLEx SMILE, umumnya pasien akan mengalami:

  • Usai operasi dengan ReLEx SMILE, pasien bisa langsung melihat lebih jelas tanpa kacamata. Di NLC, biasanya pasien diminta melihat jam dinding.
  • Penglihatan masih sedikit berkabut dan rasa kurang nyaman selama 4-5 jam pertama.
  • Penglihatan jauh lebih baik dibandingkan saat menggunakan kacamata, tetapi masih ada efek samping seperti silau dalam waktu 24 jam.
  • Pada pekan pertama, penglihatan semakin jelas tetapi masih sedikit kurang stabil.
  • Pada pekan berikutnya, penglihatan semakin jelas dan pasien bisa merasakan nyamannya melihat tanpa kacamata.

Kelebihan ReLEx SMILE

Dibandingkan LASIK konvensional (apalagi PRK), ReLEx SMILE memiliki banyak kelebihan dan keunggulan. Antara lain:

  • Tidak ada flap sehingga tidak ada risiko flap terlipat
  • Luka di kornea hanya 2 s/d 4 mm
  • Tidak banyak saraf yang terpotong
  • Hanya menggunakan satu mesin laser sehingga lebih cepat dan lebih praktis
  • Operasi berlangsung lebih cepat
  • Operasi berlangsung lebih nyaman, tanpa rasa sakit
  • Pasca operasi bebas dari mata kering seperti LASIK
  • Proses pemulihan (recovery) lebih cepat

Demikian cepatnya recovery pasca operasi ReLEx SMILE, LASIK Advisor NLC dr. Harka Prasetya, SpM(K) mengatakan, “Pagi Anda operasi ReLEx SMILE, sore Anda bisa berlatih tinju.”

Kekurangan ReLEx SMILE

ReLEx SMILE terbatas untuk mata minus sampai dengan -10.00 D. Sehingga untuk LASIK mata minus tinggi (di atas -10.00 D) bisa menggunakan metode yang lain. Yakni sampai -12.00 D bisa memilih Femto LASIK. Di atas -12.00 D bisa memilih PRK.

Selain itu, biaya operasi ReLEx SMILE lebih mahal daripada LASIK konvensional. Namun, biaya ini sebanding dengan rasa nyaman dan cepatnya proses pemulihan serta keunggulan yang lain.

Biaya ReLEx SMILE

Berapa biaya operasi LASIK dengan ReLEx SMILE? Pada saat penulisan artikel ini, biaya ReLEX SMILE total Rp 38 juta. Dan sering kali ada promo dari NLC. Karenanya, sering-sering kunjungi website atau media sosial NLC untuk mendapatkan promo harga spesial dari NLC. #HappyLasik #TrulyLasik []