Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Terapi Mata Minus Anak, Kontak Lensa RGP Bisa Jadi Pilihan Aman

Semakin berkembang teknologi sekarang, membuat kita semakin tergantung pada gadget. Tidak terkecuali bagi anak yang juga semakin dekat dengan gadget. Banyak orangtua yang khawatir dengan kelainan Refraksi yang diderita dan berharap menemukan terapi mata minus anak yang tepat dan tentunya aman. Terapi Mata Minus Anak, Kontak Lensa RGP Bisa Jadi Pilihan Aman

Terlebih lagi, saat ini masih banyak kegiatan online yang diikuti oleh anak-anak, seperti sekolah online. Hal ini bisa membuat terjadinya peningkatan terhadap keluhan mata terutama pada anak. Tetapi, dengan teknologi yang canggih juga, masalah mata pada anak juga ada solusinya. Memang alangkah baiknya sebelum kita dapat mencegah mata minus pada anak.

Terapi Mata Minus Anak Dengan Kontak Lensa

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui bahwa ada alat bantu atau terapi mata minus pada anak yang bisa menjadi pilihan. Diantaranya, dengan menggunakna kontak lensa, yakni  hardlens dan softlens yang banyak masyarakat belum mengetahui perbedaannya.

Hardlens adalah lensa kontak yang terbuat dari bahan PMMA (Poly Methyl Methacrylate), yang memiliki sifat optic yang baik dan tidak mudah pecah. Salah satu jenis hardlens yang paling popular adalah RGP (Rigid Gas Permeable).Sementara softlens adalah lensa kontak yang terbuat dari plastik dan air atau kadar air.

Baca juga:

Kontak Lensa atau RGP (Rigid Gas Permeable)

Lensa Rigid Gas Permeable atau RGP adalah lensa kontak dari silikon sehingga memiliki tekstur kaku tetapi oksigen tetap lebih mudah masuk ke mata. Karena sifatnya yang kaku tidak seperti softlens RGP ini lebih tahan lama. Tentunya dengan menggunakan RGP ini dapat membuat penglihatan anak menjadi lebih tajam lagi.

lebih tahan lama dan tahan terhadap penumpukan deposit, dan umumnya memberikan penglihatan yang lebih jelas dan tajam. Mereka cenderung lebih murah selama masa pakai lensa karena mereka bertahan lebih lama daripada lensa kontak lunak. Mereka lebih mudah ditangani dan kecil kemungkinannya untuk robek. Namun, pada awalnya mereka tidak senyaman kontak lunak dan mungkin perlu beberapa minggu untuk membiasakan diri memakai RGP, dibandingkan dengan beberapa hari untuk kontak lunak.

Keunggulan Kontak Lensa RGP untuk terapi mata minus anak:

  • Bisa digunakan dengan tenggang waktu lama (tidak perlu dilepas pasang dalam priode harian)
  • Menyesuaikan bentuk bola mat adan ukuran mata minus, silinder anak
  • Anak tidak menggunakan kacamata

Baca juga:

nikmati mata bebas melihat tanpa kacamata dengan RGP
nikmati mata bebas melihat tanpa kacamata dengan RGP

Keunggulan Lensa RGP (Terapi Mata Minus Anak)

  • Karena menggunakan silikon pada bahan lensanya, maka membuat lensa lebih permeable pada oksigen. Artinya oksigen lebih mudah masuk daripada menggunakan lensa kontak yang bersifat lunak atau softlens.
  • Bahannya yang kaku membuat lensa kontak ini jadi lebih tahan lama karena tidak mudah robek seperti softlens
  • Secara diameter, lensa RGP lebih kecil daripada softlens.
  • Lensa akan dibentuk sesuai dengan ukuran kornea.
  • Dapat membantu tajam penglihatan lebih tajam
  • Lebih mudah ditangani / di handle

Kekurangan Lensa RGP

  • Karena bahannya yang kaku, apabila belum terbiasa menggunakan RGP, maka akan terasa lebih mengganjal daripada menggunakan softlens
  • Secara biaya, memang Lensa RGP ini lebih mahal daripada softlens
  • Risiko terjadinya pergeseran lensa apabila terkena benturan pada mata atau gosokan pada mata yang keras, hal ini terjadi karena ukuran yang lebih kecil
  • Perlu beberapa minggu agar bisa lebih nyaman ketika menggunakan RGP

Baca Juga:

Lokasi pemasangan Hardlens RGP

Myopia Center adalah salah satu layanan unggulan yang ada di National Eye Center. Memberikan solusi bagi Anda yang memilki anak dengan minus (miopia). Dilayani oleh dokter spesialis mata yang ahli miopia, Myopia Center di NEC dapat memberikan penanganan untuk mencagah mata anak terjadi penambahan minus yang signifikan. Apabila Anda ingin melakukan konsultasi.

Jadi, bila Anda (orangtua) memiliki anak yang megalami mata minus, maka jangan khawatir. Sebab, ada terapi yang bisa diterapkan pada anak-anak agar progresivitas mata minus tidak tumbuh dengan cepat. Upaya ini disebut Myopia Control, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata khusus anak di Myopia Center.

Pada Myopia center ini, Anda bisa memilih terapi mata minus yang bisa diterapkan kepada anak,diantaranya Kacamata serta RGP. Rigid Gas Permeable (RGP)/Hard Lens; Lensa ini akan dipasangkan kepada penderita mata minus, namun bisa jangka waktu yang cukup lama. Sehingga pengguna softlens tidak perlu lepas pakai softlens atau kacamata

Selain itu apabila sudah berumur 18 tahun maka cara yang paling baik untuk menghilangkan mata minus dan silinder adalah dengan melakukan Laser Vision Correction (LVC)

Solusi terbebas dari kacamata atau lensa kontak

dua(2) metode lasik yang bisa dijadikan solusi ketika anak sudah mencapai umur 18 tahun
dua(2) metode lasik yang bisa dijadikan solusi ketika anak sudah mencapai umur 18 tahun

Apabila Anda memiliki anak dengan umur diatas 18 tahun maka, Laser Vision Correction (LVC) atau yang biasa disebut lasik, menjadi salah satu pilihan selain kacamata/softlens agar bisa terbebas dari rabun jauh. Lasik memiliki 3 metode laser yaitu ReLEX SMILE, metode terbaru dan tercanggih, FemtoLasik metode kedua dan PRK atau metode pertama. Ketiga metode ini sangat aman karena sebelum melakukan tindakan lasik, pasien mengalami proses pre lasik terlebih dahulu.

Apakah operasi lasik gratis? Apakah bisa ditanggung BPJS?

Mungkin Anda mengira bahwa operasi lasik sangat mahal. Ya, bagi Sebagian orang merasa bahwa tindakan lasik sangat mahal. Tetapi apabila kita Kembali menghitung manfaat dari lasik, sebenarnya lasik sangat lah murah. Anggap saja biaya lasik sekitar 38juta dan Anda bisa menikmati manfaat dari lasik selama 35 tahun, itu artinya Anda hanya perlu membayar 79 ribu rupiah per bulannya. Biaya ini hampir sama seperti membali kuota internet. Jadi bisa dikatakan lakukanlah lasik sedini mungkin agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih lama dan lebih murah.

Lasik sendiri belum ditanggung oleh BPJS, karena masih termasuk tindakan yang bersifat kosmetik dan tidak mendesak. Tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan harga spesial, Anda bisa follow sosial media NLC.